Pengertian Sekretaris
Secara umum pengertian sekretaris adalah Kata sekretaris bersal dari kata secret yang artinya rahasia. Jadi tugas-tugas sekretaris tidak lepas dari kerahasiaan perusahaan. Ini disebabkan kebijakan awal yang akan dikeluarkan oleh pimpinan atau perusahaan sedikit banyak akan diketahui oleh sekretaris. Karena tugas sekretaris adalah membantu pimpinan dalam meringankan tugas-tugasnya.Pengertian Sekretaris Menurut Para Ahli
A. Pengertian Sekretaris Menurut Betty Hutchinson dan Carol Milano yang dikutip oleh Ursula Ernawati adalah seorang profesional. Sebagai Profesional, Anda diharapkan menampilkan aneka macam tangungjawab tugas kesekretaisan dengan penuh kompetensi,dapat dipercaya dan berkepribadian.B. Pengertian Sekretaris Menurut Hartiti Hendarto & Tulus Haryono sekretaris adalah orang yang membantu seseorang, yaitu pimpinan dalam melaksanakan tugas perkantoran.
C. Pengertian Sekretaris Menurut Saiman sekretaris adalah orang yang mempunyai tugas yang sangat berkaitan dengan kegiatan tulis menulis, atau kegiatan catat-mencatat dari suatu kegiatan perkantoran atau perusahaan.
D. Dan Menurut Wursanto,yang dikutip Saiman sekretaris adalah seorang pegawai yang bertugas membantu pimpinan kantor dalam menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan detail kepala atau pimpinannya.
Syarat Sekretaris Profesional
Sebagai syarat sekretaris profesionl yang memegang peranan penting dalam membantu pimpinan menjalankan tugasnya dan menyimpan rahasia pimpinan dan perusahaan karena sedikitnya banyak rahasia tersebut diketahui oleh sekretaris untuk bisa selalu menjaga rahasia itu dari siapapun yang berkepentingan terhadapnya, jadi sangat amat penting syarat sekretarisSyarat Sekretaris Profesional Menurut Rosidah & Ambar Teguh Sulistiyani antara lain :
1. Syarat Sekretaris Profesional secara pengetahuan, antara lain :
a. Pengetahuan tentang misi, visi, fungsi, tugas-tugas, struktur organisasi dan personil organisasi.
b. Pengetahuan yang berhubungan dengan bidan tugasnya, pengetahuan bahasa baik bahasa Indonesia
maupun bahasa asing jika diperlukan.
c. Pengetahuan bidang administrasi dan manajerial.
2. Syarat Sekretaris Profesional secara keterampilan, artinya sekretaris disamping dituntun mempunyai pengetahuan juga keterampilan menerapkan pengetahuannya untuk keterampilan kerja. Keterampilan yang dituntut meliputi: Keterampilan berkomunikasi, korespondensi, tata kearsipan dan terampil dalam melakukan aktivitas kerja kantor lainnya.
3. Syarat Sekretaris Profesional kepribadian, yang memegang peranan penting dalam menunjang kerja bahkan untuk hal-hal tertentu prasyaratnya kepribadian lebih dominan dibandingkan prasarat lainnya. Kepribadian yang menarik adalah kepribadian yang dinamis, dewasa, penuh percaya diri, terbuka, penuhrasa tanggungjawab, loyalitas,sopan dan jujur.
Nah kita bisa mengerti syarat sekretaris profesional kan.
Demikian sedikit ulasan Pengertian Sekretaris dan Syarat-Syarat Menjadi Sekretaris Profesional yang mampu kami rangkum.
Untuk anda yang ingin menulis Contoh Surat Lamaran Kerja bisa di Dunia Perpustakaan .
Terima kasih.
Next
« Prev Post
« Prev Post
Previous
Next Post »
Next Post »
2 comments
Write commentsGa sembarangan ya jadi sekretaris. Dulu cita-cita saya jadi sekretaris sampe ambil jurusan adm perkantoran waktu SMK dan kayanya kalo mau tercapai cita-citanya harus lebih keras usahanya nih supaya memenuhi syarat di atas.
ReplySalam,
Sewa kantor Get Realty
Semoga artikel ini dapat bermanfaat buat angan
ReplyEmoticonEmoticon